Basic Bolu Panggang

basic-bolu-panggang-ceritamasak2
Basic bolu panggang

Dilahirkan dan dibesarkan di lingkungan keluarga besar membuat saya tahu banyak hal terutama soal kudapan dan masakan. Besar tak jauh dari rumah nenek, keseharian dan makanan yang mak Lia (nenek saya) buat pastilah saya tahu.

Menjelang lebaran atau pertemuan keluarga biasanya mak Lia membuat kudapan sederhana berupa bolu panggang. Dengan bahan sederhana beliau menakarnya dengan cara yang mudah pula.

basic-bolu-panggang-ceritamasak3
Basic bolu panggang

Semua bahan ia beli dalam kemasan, seperti tepung terigu ia membelinya dalam kantung plastik ukuran seperapat, gula dan telur hampir dalam ukuran yang sama.

Hasilnya sungguh mempesona bolu mak Lia selalu memiliki tekstur yang lembut dan mengembang sempurna. Turun temurun kami menggunakan resep yang sama dengan hasil yang berbeda-beda.

Pernah saya membuatnya tapi hasilnya tak seseksi bolu milik beliau. Beberapa kali saya mencari tahu apa penyebabnya tapi hasilnya tetap bantat dan menciut.

basic-bolu-panggang-ceritamasak5
Basic bolu panggang

Tempat memanggang yang saya gunakan memang berbeda. Biasanya sayang menggunakan loyang yang terpanggang dalam oven. Sedangkan mak Lia menggunakan panggangan bolu berlubang.

Dari perbedaan inilah saya mencoba mengurangi bahan yang saya gunakan berharap hasilnya tak lagi bantat. Kenapa bahannya dikurangi?. Kalo gagal biar gak nyesek hehehe…

Bolu panggang ini cukup sederhana makanya saya sebut dengan basic bolu panggang seperti apa bahannya yuk kita intip.

basic-bolu-panggang-ceritamasak1
Basic bolu panggang

Persiapan baking : 15 menit

Waktu baking       : 30 menit

Total baking         : 45 menit

Hasil                      : 10 potong

Bahan

  • 3/4 cup (105 gr) tepung terigu protein sedang segitiga biru
  • 2/3 cup (135 gr) gula pasir atau bisa dikurangi hingga ½cup/100gr sesuai selera.
  • 5 butir telur
  • 50 gr margarin yang telah dilelehkan
  • ½ sdt ekstrak vanilla
  • ¼ sdt baking powder
  • 1 sdm emulsioner
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara membuat

  1. Kocok telur, gula, dan emosioner hingga pucat dan mengembang. Masukkan ekstrak vanilla, baking powder, tepung terigu sedikit demi sedikit masukkan margarin.
  2. Taburi loyang dengan margarin dan taburang tepung, panggang adonan bolu selama 30 menit dengan suhu 180°c. Happy cooking.

 

One thought on “Basic Bolu Panggang

Leave a Reply

