Cinnamon Twist Beautiful Bread

Pagi kemarin pengen banget sesuatu yang beda dari biasanya. Makanan yang beda dari biasanya. Yang seger-seger kayaknya mantep. waduh jangan curiga dulu ya ini bukan ngidam kok, ini soal lidah aja yang pengen diguyur  sama yang seger-seger. 

Mau yang beda tapi sayangnya bahan buat yang seger-seger gak ada yahhh…dalam satu detik penonton langsung kucewa.

Tenang dulu-tenang. Kesegarankan gak cuma dirasakan oleh mata kali aja liat sesuatu yang memang enak untuk di makan pikiran jadi seugerr.

kesegaran tak hanya dinikmati oleh tenggorokan, mata dan telinga tapi ia selalu hadir dipikiran kita

Jadi saya putuskan untuk membuat roti sebagai ganjal perut dipagi hari. Cinnamon twist berbahan dasar tepung. Ehem…pasti mau protes deh. Tuh kan ada yang ada yang percaya sampe bilang “yaa..iyalah roti pake tepung masa mau pake pasir emang mau ngecor”.

Hohoho…iya mba ini ngecor cuma ngecornya pake tepung hasilnya bukan balok atau kolom tapi roti hehe…

Roti kali ini berbeda dengan roti jenis lain. Selain dari bentuk yang berbeda adonannya pun saya buat beda. Dengan tujuan agar setiap lipatan roti masih bisa terlihat secara detail, sedetail rasanya.

Sekarang kita coba yuk..

Persiapan memasak : 60 menit

Waktu memasak : 15 menit

Total waktu : 1 jam 15 menit

Hasil : 2 buah

Bahan 

  • 2½ cup (350gr) tepung cakra
  • ¼ cup butter suhu ruangan
  • ¼ cup (50 gr) gula pasir
  • 2 sendok teh ragi instan
  • ½ sendok teh garam
  • 120 ml-150 ml susu cair
  • 1 butir telur

Bahan isi

  • ½ cup (50 gr) gula pasir
  • 3 sendok teh kayu manis

Cara membuat

  1. Masukkan ragi ke dalam susu hangat hingga berbuih selama 5 menit setelahnya masukkan gula hingga larut .
  2. campurkan tepung terigu, garam, mentega campur hingga merata bersama campuran susu dan telur aduk hingga merata dan kalis. Tutup adonan menggunakan pelastik biarkan menggembang selama 20-30 menit. bagi adonan menjadi 2 bagian.
  3. Taburkan tepung terigu di permukaan meja giling dengan pin roll hingga pipih dan tipis. Oleskan permukaan adonan dengan mentega, taburkan dengan campuran gula dan kayu manis (setelah dibagi 2 bagian).
  4. Gulung secara perlahan hingga taburan kayu manis dan gula tertutup. Belah menjadi dua bagian rekatkan kedua ujung adonan kepang menyilang pertemukan kembali kedua ujungnya hingga menjadi lingkaran.
  5. Panggang dalm oven dengan suhu 180°c selama 15 menit. Happy cooking.

Intip juga:

cinnamon rolls

roti kepang puntir untuk sarapan braidedtwist chocolate bread

tuber rolls

mini roseb read

Advertisements

5 thoughts on “Cinnamon Twist Beautiful Bread

  1. Pingback: Saya Dan Roti |
  2. Pingback: Banana Bread |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s