Sukses Membuat Kulit Risol

Risoles yang lebih familiar dengan sebutan risol salah satu cemilan peradaban abad ke 13. Asal muasal panganan ini di bawa dan di sajikan oleh bangsa Belanda dengan nama “rissole” dikategorikan ke dalam jenis pastry.

Pada awal pembuatannya makanan ini masuk dalam jenis panekuk tanpa isian. Seiring perkembangan kuliner cemilan ini banyak memiliki variasi isian.

Risoles yang banyak beredar hingga kini lebih banyak variasi asin ketimbang manis. Mulai dari isi sayuran hingga rogut selalu ada diantara pedagang.

Hal yang menarik dari makanan ini tak terlepas dari pembungkusnya yakni kulit risoles. 

Pertamakali saya membuat risol hasilnya gagal. Kulit risol selalu robek saat diangkat. Saya coba teliti faktor apa yang membuat kulit risol amburadul dan sulit untuk diangkat.

Penelitian pertama saya tertuju pada alat yang saya gunakan yakni teflon. Teflon yang saya gunakan memang jenis teflon jadul dengan permukaan yang telah menggelupas bahkan bisa dikatakan bahwa teflon tersebut botak dan tak bisa digunakan.

Alternatif lain kita bisa menggunakan wajan atau teflon dengan permukaan yang masih mulus.

Selagi masih ada wajan pembuatan kulit risol masih bisa terlaksana dan hasilnya bagus juga.


Kedua,
 Adonan telah siap saya buat dengan keenceran yang telah dijanjikan tujuannya agar menghasilkan kulit risol yang tipis.

Satu sendok sayur adonan risol saya tumpahkan di permukaan teflon sambil diratakan dengan memiringkannya agar permukaan teflon penuh dengan adonan.

Hasilnya permukaan teflon terpenuhi oleh adonan hanya 10 detik saya menunggu adonan tersebut menjadi kulit.

Taraaa…kulit robek dan lengket. Huuuaaaa apalagi salah saya. Penasaran. Saya coba kembali menuangkan adonan ke permukaan teflon setelah teflon saya olesi minyak goreng.

Hasilnya lumayan meski compang camping di bagian lingkarannya. Saya cek kembali kira-kira kesalahan apa lagi yang saya buat.

Api. Ya api yang saya gunakan tergolong api kecil tapi masih bisa dikatakan sedang. Maka api saya coba kecilkan kembali kira-kira setinggi 1-2 cm. (jangan diukur dengan jari ya kita pake filling aja).

Api saya kecilkan. Hasilnya lumayan untuk pemula yang menggebu-gebu ingin membuat risol.

Ketiga, Mengapa kulit risol tak rata dan compang camping? karena…jeejjeeng. biar penasaran didramatisir sedikit.

Hmmm…Karena setiap adonan yang saya tumpahkan ke permukaan posisinya ada di atas kompor. Ini yang menyebabkan kondisi teflon tetap panas dan langsung memproses adonan secara cepat menjadi kulit. Sehingga adonan tak ada waktu untuk diratakan.

Pendadaran adonan yang baik saat teflon tak berada di atas kompor dengan kondisi reda panas setelah permukaan teflon diolesi oleh minyak. Alhasil adonan bisa dengan mudah meluncur dan mengisi permukaan teflon.

Kondisi teflon sebisa dalam kondisi tak panas.

Keempat, adonan yang kita buat sebaiknya memiliki perbandingan 1 : 2 satu tepung dua air. Agar kulit risol tak mudah pecah. Bahan cair yang kita gunakan adalah susu dan telur agar hasilnya lembut.

Keberadaan susu sebenarnya bisa tergantikan dengan air asalkan tetap menggunakan telur agar adonan tetap mengikat.

Hasilnya adonan menjadi rata tanpa sewir-siwir di setiap sisinya. Keempat  faktor inilah yang saya jadikan dalam membuat kulit risol terlepas dari adonan yang telah sesuai dengan petunjuk.

Masalah sutil (dianjurkan menggunakan sutil kayu atau silikon agar teflon tak tergores) menurut saya hanya aksesoris belaka karena pada prakteknya kita bisa menyentuh kulit risol dengan jari. Setelahnya kita bisa langsung menumplek kulit di atas piring tanpa bantuan sutil.

Keempat faktor utama inilah yang perlu kita perhatikan agar kulit lumpiah sempurna. Happy cooking.

Teflon

Api

Adonan

Minyak 

Resep kulit Risoles 

Persiapan waktu : 10 menit

Waktu memasak : 45 menit

Total waktu : 60 menit

Bahan

  • 1 cup + 1sendok makan (150 gr) makan tepung terigu protein sedang (kunci biru)
  • 2 cup (480 ml) susu / air
  • 1 butir telur
  • ½ sendok teh garam
  • 1½ sendok makan margarin yang telah dilelehkan

Cara membuat

  1. Masukkan tepung terigu, susu, dan garam aduk hingga merata masukkan telur aduk kembali. Terakhir masukkan margarin aduk sampai merata.
  2. Diamkan adonan selama 5 menit agar semua bahan mengikat.
  3. Panaskan wajan (lebih mudah menggunakan teflon) yang telah diolesi minyak dengan api kecil.
  4. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke permukaan wajan. Wajan dalam kondisi tak berada di atas kompor. Tunggu 10 detik angkat. Lakukan sampai adonan habis.

Note 

Saat mengangkat kulit risoles yang telah jadi kita cukup membuka salah satu bagian ujung kulit selanjutnya cukup ditumpahkan dalam piring sambil dirapihkan ketika kulit tak lagi panas.

3 thoughts on “Sukses Membuat Kulit Risol

Leave a Reply

