Putu Ayu Untuk Berbuka Puasa Dihari ke2

Puasa tak menghalangi saya untuk tetap berkreasi terutama membuat kue. Sebisa mungkin saat dan sesudah saur saya sempatkan diri untuk membuat kue untuk bekal buka puasa.

Maklum buka puasa selalu di jalan, beli pun kadang tak sempat bahkan malas mampir. Jadi lebih baik saya membuatnya.

D.a.n yang menginginkan bekal buka puasa tak hanya saya seorang teman dekat saya (Payan) juga mengharapkan hal yang sama.

So, dihari kedua berpuasa ini saya mencoba membuat kue putu ayu yang sangat sederhana tanpa cetakan familiar melainkan menggunakan loyang. Ini dimaksudkan agar praktis selain saya memang tak memiliki cetakan putu ayu pada umumnya.

Tinggal dibelah-belah bagai potongan pizza lalu masukkan ke tempat bekal masing-masing.

Pukul 03.00 wib seperti biasa saya bangun hal pertama yang saya kerjakan adalah memasak nasi setelahnya membuat lauk sambil membuat sayur. Semua indera gerak dikerahkan. Dilanjutkan dengan membuat kue..kue…di pukul 04.00 wib.

Berikut resep yang telah saya modifikasi.

Persiapan waktu : 20 menit

Waktu memasak : 30 menit

Total waktu : 1 jam

Bahan

  • 3/4 cup (105 gr) Tepung terigu
  • ½ cup (80 gr) gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh emulsifier (sp)
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 buah santan instan kental
  • 3 tetes pewarna hijau

Topping 

  • ½ buah kelapa parut dengan kulit terkupas
  • ¼ sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuat

  1. Kukus kelapa bercampur garam dan daun pandan selama 30 menit
  2. Kocok telur, garam, sp hingga mengembang dan berwarna pucat. Masukkan tepung terigu, baking powder santan dan pewarna secara perlahan dan bergantian. 
  3. Didihkan air dalam panci kukusan dengan penutup panci dilapisi dengan serbet agar air tak menetes ke adonan.
  4. Masukkan kelapa dalam loyang tekan-tekan hingga padat, bagian atasnya siap dituangkan adonan. Kukus hingga 30 menit.

Leave a Reply

