Banana Chocolate Lemon Cupcake

Menggurangi penggunaan gula

Salah satu lemari resep saya adalah NatGeo People, dari sebuah tontonan saya bisa berkreasi membuat sesuatu yang berbeda. Tak hanya menjilak sebuah resep hingga menjadi sebuah kue atau masakan yang tersaji di meja. Tapi saya dituntut untuk membuat sesuatu yang beda.

Membuat sesuai resep mungkin hal yang biasa tapi membuat sesuatu yang baru adalah tantangan buat saya.

Cupcake mungkin sajian yang sudah biasa dinikmati oleh ribuan lidah. Bentuk dan warna mungkin bermacam-macam dengan bahan dasar tepung dan gula.

Gula salah satu pemanis yang sering digunakan sebagai bahan dasar kue. Terlalu banyak menggunakan kristal halus ini tak baik buat si kecil. Apalagi dia sedang menunjukkan pertubuhan gigi, habis sudah jika dirusak oleh gula.

Efek jangka panjang akan dituai ketika manusia telah berumur atau pada usia matang jika terlalu sering mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebih.

Bisa-bisa perasaan bersalah dan berdosa selalu menghantui akibat gula yang merajalela menggerogoti perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Produk gula pada pembuatan mini cupcake sebagian bisa dikurangi jumlahnya dari 1 menjadi 1/2nya, sianya bisa kita gantikan dengan pemanis alami yakni buah. Pisang salah satu buah yang memiliki unsur manis, asam dan sepat warna rasanya sungguh bervariasi.

Nah seperti apa cupcake kali ini kita coba ya buat kebaikan si kecil dan keluarga.

waktu persiapan : 30 menit

Waktu memasak: 20 menit

Total waktu: 3 jam

Bahan cupcake

  • 1 cup (200 gr) tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • ½ cup (80 gr) gula (biasanya penggunaan gula untuk cupcake 1 cup)
  • ½ cup (110 gr) butter dalam suhu ruangan
  • 1 telur
  • ¾ sendok teh vanilla ekstrak
  • ¾ susu cair diamon
  • 3 buah pisang ambon/sunpride (dihaluskan)

Lemon curd

  • 1 cup (160 gr) gula halus
  • 2 buah lemon
  • 4 butir telur
  • 1 stick unsalted butter 200 gr -230 gr

Cara membuat

Cupcake

  1. anaskan oven 175°c
  2. kocok gula, butter, baking powder, garam selama 3 menit hingga menggembang. masukkan pisang yang telah dihaluskan bersama telur, vanilla ekstrak, tepung terigu dan susu secara perlahan. Aduk adunan hingga terlihat lembut dan mininggalkan garis.
  3. masukkan dalam cetakan cupcake yang telah disediakan masukkan ke dalam oven selama 20 menit.
  4. Hias bagian permukaan cupcake dengan lemon yang telah dingin tambahkan bubuhkan sedikit gula halus. Untuk mempercantik berikan satu butir chocochip. Happy cooking.

Lemon curd

Peras lemon hingga berair, campurkan dengan kuning telur dan gula halus aduk hingga semua bahan menyatu. Didihkan dalam kompor dengan api kecil hingga mengental, angkat. Masukkan butter yang telah dipotong dadu ke dalam adonan lemon yang telah mengental aduk terus hingga merata. Masukkan lemon curd dalam wadah tertutup simpan dalam kulkas. Sauce lemon bisa tahan hingga empat minggu.

Note

Mengapa penjumlahan waktunya tak sesuai dengan angka yang tertera?. Loyang muffin yang saya gunakan hanya berjumlah enam lubang jadi saya mesti beberapa kali memasukkan kembali adonan ke dalam oven dengan tempat yang sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s