Glazed Donuts Basic Donuts

Damn! i love donuts

“Mama Rayan mau donat”

“Rayan mau donat ma”

“Donat Rayan mana ma?”

Donat, donat, donat dan donat. Salah satu cemilan Rayan seorang adalah donat. Gak heran jika ditanya “Rayan besok mau kue apa?” jawabannya dari bibir mungilnya pastilah donat. 

Sampai ritual ingin tidur kalo ditanya “Rayan besok kalo sudah besar mau bikin apa?” Jawabannya selalu ada embel-embel donat. “Rayan mau bikin donat”. Langsung saja ia memperaktekkan gerak-gerik cara membuat donat, sama persis seperti mamanya kala membuat adonan donat. Donuts lover.

Kesukaannya akan donat jelas membuat saya lebih kreatif dalam membuat dan menyajikan berbagai warna donat.

Setiap dua hari atau tiga hari sekali saya selalu menyempatkan diri untuk membuat makanan favorit Rayan. Agar tak bosan  resep selalu berganti agar rasa donat tak itu-itu saja. Entah dipanggang atau digoreng yang pasti rupa donat tetap sama dengan rasa  berbeda.

Resep kali ini saya menggunakan resep donat ala krispy kreme. Agar rasanya renyah, lembut dan empuk adonan dibuat menjadi dua bagian yakni adonan dasar dan adonan tambahan. Adonan tambahan ini biasa dikenal dengan thangzong.

Apa itu thangzong?. Thangzong adalah sebuah metode yang sering dugunakan oleh bangsa cina dalam pembuatan mie dan pangsit. Fungsi dari thangzong ini sebagai bahan pengikat air agar menghasilkan tekstur lembut dan empuk tanpa menggunakan pelembut roti.

Jelas bahwa thangzong adalah bahan pengikat yang alami tanpa bahan pengawet. Seiring perkembangan zaman kini thangzong digunakan juga sebagai bahan pembuatan roti dengan tujuan dan fungsi yang sama.

So..bagaimana cara membuatnya mari kita simak baramai-ramai.

Bahan

Adonan dasar donat

  • 2½ cup (350 gr) tepung terigu cakra
  • 4 sendok makan gula
  • 3 sendok makan batter bisa merk apa saja
  • 2 sendok teh ragi instan / farnifan
  • ½ sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • ½ cup (120 ml) susu cair  (diamon)
  • ½ cup adonan basah

Thangzong

  • 1/3 cup (50 gr )tepung terigu cakra
  • 1  cup (240 ml) air

Glaze

  • 1 cup (160 gr) gula halus
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanilla
  • 2 sendok makan air

Cara membuat thangzong

Buat adonan thangzong terlebih dahulu dengan mencampurkan air dan terpung cakra dengan api kecil hingga adonan thangzong meninggalkan garis dan bekas jika diadok. Angkat kala thangzong mulai mengental menyerupai bubur adonan bubur sumsum. Angkat. Dinginkan.

Cara membuat Glaze

Campurkan semua bahan gula menjadi satu hingga mengental. Sebaikanya membuat glaze setelah donat dalam keadaan matang semua agar gula tak menggumpal karena udara.

Cara membuat Donat

  1. Dalam wadah terpisah tuangkan farnifan dengan satu sendok makan air hangat biarkan hingga ragi bekerja hingga menggelembung dan menyatu dengan air.
  2. Tuangkan butter, gula, garam aduk hingga merata campurkan telur hingga menayatu. Tuangkan adonan thangzong aduk higga campuran terlihat menyatu dan lembut. Masukkan tepung terigu aduk hingga kalis.
  3. Biarkan adonan berkembang selama 45 menit tutupi dengan plastik atau serbet.
  4. Angkat adonan dari tempatnya oleni dengan taburan tepung agar tak lengket. pipihkan dengan menggunakan roll. bentuk dan potong adonan dengan menggunakan cetakan donat atau lingkaran gelas. Sisa adonan bentuk terus hingga menjadi donat yang utuh. Diamkan selama 1 jam biarkan donat mengembang.
  5. Panaskan minyak dalam panci atau tempat yang lebih cekung agar permukaan donat terendam oleh minyak secara keseluruhan. Panaskan minyak 190°c.
  6. Masukkan donat ke dalam panci berisi minyak secara perlahan selama 30-45 detik. Angkat dan dinginkan.
  7. Celupkan permukaan donat dalam glaze biarkan mengering. Nikmati donat selagi hangat. Happy cooking.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s