Glazad Chocolate Cookies

Cookies. Yang terbayang saat menyebutkan kata cookies adalah kerenyahan dan snack goodtime. Krusss…butiran coklatnya langsung memenuhi lidah. Renyah diantara gigi lumer coklatnya membasahi rongga mulut.

Takkan saya biarkan kenikmatan ini buyar begitu saja tanpa mencoba membuatnya.

Cemilan ini saya intip dari beberapa resep dari foto dan gambar yang begitu menggiurkan dari pinteres yang berserakan di layar komputer pribadi.

Brownie cookies process #brownie #cookies #process

A post shared by Ariyanti Sutrisno (@webariys) on

Pada dasarnya saya hanyalah pelajar masak otodidak berbekal resep. Resep yang saya gunakan kebanyakan memang dari luar. Alasannya karena resep milik orang bule menggunakan cup. Tak bisa dipungkiri memang penggunaan cup lebih simpel dibandingkan dengan timbangan. Ini menurut pendapat masing-masing saja ya, yang mana enaknya dalam menggunakan ukuran.

Buat bunda jangan khawatir karena cup yang saya gunakan untuk setiap bahan pasti saya konfrensikan terlebih dahulu agar bunda-bunda bisa langsung menimbangnya dengan angka yang tertera pada resep.

Beberapa resep yang saya baca  biasanya saya ganti-ganti sedikit bahannya. Tak jarang pula saya menggubah beberapa bahan dasar resep berbahan instan seperti tepung brownies, tepung donat dan tepung gandum. Semua saya buat dari bahan dasarnya.

Dari resep awal saya modifikasi menjadi Cookies ala ari. Seperti apa yuk mari kita cintip.

Waktu persiapan : 10 menit

waktu memasak : 15 menit

Total waktu : 60 menit

Bahan 

  • 1 cup (140 gr) tepung terigu kunci biru
  • ¼ cup (25 gr) coklat bubuk (cocoa Van huten)
  • 3 butir telur
  • 1/3 cup (80 ml) minyak zaitun
  • ¼ – ½ cup (40gr-80gr) gula halus (untuk melumuri adonan yang telah dibentuk bola-bola)

Cara membuat

  1. Panaskan oven
  2. Campurkan, tepung terigu, coklat, telur dan minyak aduk hingga merata dan tak menggumpal. Berhenti jika adonan telah halus.
  3. Ambil adonan satu sendok makan bentuk seperti bola dan lumuri dengan tepung gula hingga permukaannya berwarna putih.
  4. Letakkan pada  loyang, biarkan adonan berubah bentuk sendiri. Happy cooking.

Note

Memanggang cookies sebaiknya jangan terlalu lama karena selain gosong pada bagian bawahnya cookies juga akan menjadi keras. Happy cooking.

 

Leave a Reply

