Potato cheese

Deretan genteng

potatocheese ceritamasak

Punya kentang masih duduk manis dalam laci kulkas, dua minggu sudah tak tersentu. Niatnya mau dipanggang. Baru niat tapi bener-bener belum diutik sama sekali.

Iseng-iseng buka pinterest. buka-buka hasil pin-an sendiri. Nemu berbagai resep masakan modern tapi tetap simple. yup, saya coba mengolah kentang menjadi makanan ala Eropa.

Today potato cheese #bymyhand #potato #cheese

A post shared by Ariyanti Sutrisno (@webariys) on

Cara membuatnya cukup simple. Jadi pagi ini, bangun tidur saya langsung mengupas kentang dan memotong seperti layaknya keripik hanya lebih tebal. Potongan tersebut langsung saya masukkan dalam sebuah wadah disejajarkan mirip seperti jajaran genteng di toko material.

Oven telah saya siapkan di atas kompor plus proses pemanasannya. Siap membuat bumbunya tiba-tiba hal yang tak menyenangkan datang. pepepepettt. Gas habis. Saya coba pada sisi tunggu lain. Dan benar saja tak ada tanda-tanda api mau menyala.

Stuck. Mati kutu. pasti sepagi ini toko belum ada yang buka untuk membeli gas. Dengan langkah gontai saya bereskan semua peralatan masak.

Lebih kecewanya saya harus menyimpan potongan kentang ke dalam kulkas. ohhh pasti irisan kentang-kentang ini akan berubah warna menjadi kehitaman.

oohhh…baiklah saya akan terima keadaan ini. Sepulang kerja saya akan kembali melanjutkan memanggang irisan kentang tadi.

Persiapan waktu : 15 menit

Mulai mengolah pukul : 05.00 (tertunda)

Waktu memasak : 60 menit mulai pukul 20.00 wib

Total waktu : 1 jam 15 menit

Bahan yang digunakan

  • 3 buah kentang ukuran besar
  • 1 cup susu cair
  • 1/8 keju dari ¼ keju
  • ½ cup butter (wisment)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 batang seledri ukuran kecil

Cara memasak

  1. panaskan oven hingga 200ºc
  2. Kupas kentang dan cuci bersih. Iris kentang seperti chitato dengan ketebalan 3-5mm. Tempatkan dalam wadah. Olesi kentang dengan butter.
  3. panaskan susu cair, keju, lada dan garam hingga mengental
  4. masukkan bumbu keju ke permukaan kentang dan panggang selama 1 jam.
  5. Taburkan seletri di permukaan kentang yang telah matang. Nikmati selagi hangat. Enjoy.

Sebelum masak sebaiknya cek gas ya biar gak nyesel dan masak gak lagi tertunda karena efeknya kentang bisa menghitam. Meski begitu saya tetap semangat untuk memasaknya.

Processed with Moldiv

Processed with Moldiv

Leave a Reply

